Beberapa Bagian Pada Motherboard



    1.     Back Panel Connector
     Terdiri dari:

-          Port USB
Merupakan kependekan dari Universal Serial Bus. Berfungsi untuk memasangkan perangkat-perangkat lainnya (seperti FlashDisk, Printer, Kamera Digital, HDD External, dll).

-          Port Serial
Berfungsi untuk memasangkan printer yang masih menggunakan jack atau konektor bentuk lama.

-          Port Parallel
Adalah salah satu jenis soket pada personal komputer untuk berkomunikasi dengan peralatan luar seperti printer model lama. Karena itu parallel port sering juga disebut printer port.

-          Port Video/VGA
Berfungsi untuk memasangkan kabel monitor pada motherboard

-          Port PS/2
Berfungsi untuk memasangkan mouse dan keyboard pada motherboard

-          Port Audio
untuk menghubungkan komputer dengan sistem audio seperti speaker, mikrofon, line-in dan line-out.

-          Port RJ45
untuk menghubungkan komputer dengan jaringan LAN.

     2.      Expansion Slot
     Terdiri dari :

-          Slot VGA
Ada beberapa jenis slot yang dapat dipasangkan VGA kepadanya, misalnya saja PCI, AGP dan PCI-express. Berfungsi untuk memasangkan VGA card ke motherboard. Dimana VGA card sendiri berfungsi sebagai penerjemah keluaran dari motherboard untuk ditampilkan pada monitor.

-          Slot Soundcard
Umumnya slot yang digunakan untuk memasangkan sound-card saat ini adalah PCI, berfungsi untuk memasangkan sebuah sound-card pada motherboard. Dimana sound-card sendiri digunakan sebagai penerjemah keluaran dari motherboard untuk sebuah speaker.


-          Slot PCI
Slot yang dapat digunakan untuk memasangkan komponen-komponen pada sebuah motherboard, misalnya VGA, sound-card, ethernet-card, dll.

-          Slot AGP
Merupakan slot yang dibuat khusus untuk memasangkan sebuah VGA card pada sebuah motherboard. Memiliki kelebihan dibandingkan slot PCI dalam penggunaannya untuk VGA.

-          Slot ISA
Bentuk slot yang digunakan untuk memasangkan komponen lain pada motherboard, namun saat ini hampir sudah tidak lagi digunakan. (versi slot sebelum PCI).

-          Slot Memory
Berfungsi untuk memasangkan RAM pada sebuah motherboard. Dimana RAM merupakan bentuk memori utama pada komputer, yang berfungsi untuk menyimpan instruksi-instruksi yang akan atau sudah diproses oleh prosesor.

    3.     Socket dan Port Dalam Motherboard

-         Socket Prosesor
Digunakan untuk memasangkan sebuah prosesor pada motherboard. Dimana prosesor merupakan otak dari sebuah komputer yang berfungsi untuk mengatur, memproses, dan mengontrol masukan dan keluaran sebuah komputer.

-         Port  IDE
Digunakan untuk memasangkan sebuah Hard Disk Drive dan sebuah Optical Drive pada motherboard.

-          Port SATA
merupakan antarmuka untuk media penyimpanan generasi terbaru. Port SATA bisa digunakan untuk menghubungkan Hard Disk dengan sistem komputer.

-          Port Floppy
Digunakan untuk memasangkan sebuah Floppy Disk Drive pada sebuah motherboard.

-          Port Power
Menghubungkan power supply pada motherboard, dimana Power Supply berfungsi untuk memberi masukan kelistrikan pada motherboard.

-          Port Power Fan
Ada beberapa jenis fan pada komputer, umumnya adalah fan yang digunakan untuk mendinginkan prosesor. Hal ini dikarenakan, prosesor saat bekerja menghasilkan panas yang sangat tinggi. Yang akan merusak dirinya sendiri apabila panas yang dihasilkan itu tidak diatasi.

    4.     Lain - lain

-          Batery CMOS
Digunakan untuk memberi masukan kelistrikan pada motherboard saat tidak ada masukan kelistrikan dari power supply. Hal ini dimaksudkan untuk menyimpan setting system pada motherboard.

-          Chipset
Sama dengan IC BIOS.
Merupakan komponen dasar pada sebuah motherboard yang digunakan oleh motherboard untuk mengatur alur masukan dan keluaran (input dan output) ke dan
dari motherboard ke perangkat lain.

Menurut Fungsinya, Chipset terbagi atas:
A.    Chip Northbridge, ini adalah chipset utama yang bekerja sebagai pengatur alur kerja prosesor dalam berhubungan dengan sejumlah komponen lainnya, seperti slog AGP, PCI serta memori. Northbridge, juga dikenal sebagai memory controller hub (MCH) atau integrated memory controller (IMC) dalam sistem Intel (AMD, VIA, SiS dan lain-lain biasanya menggunakan 'Northbridge'), adalah salah satu dari dua chip dalam core logic chipset pada motherboard PC.

B.     Chip Southbridge, merupakan chipset pembantu yang bekerja sebagai pengatur alur data kerja prosesor yang tidak diatur Chip Northbridge, seperti IDE/har disk, DMA, interrupt, USB serta DMA. Southbridge, juga dikenal sebagai I / O controller hub ( ICH ) dalam Intel sistem ( AMD , VIA , SiS dan lain-lain biasanya menggunakan 'Southbridge'),
Southbridge biasanya dapat dibedakan dari Northbridge dengan tidak secara langsung terhubung ke CPU. Sebaliknya, Northbridge mengikat Southbridge ke CPU. Melalui penggunaan sirkuit controller channel yang terintegrasi, Northbridge bisa langsung link sinyal dari I / O untuk unit CPU untuk kontrol data dan akses.

Gambar Motherboard

Gambar Back Panel Motherboard

Share on Google Plus

About Author

Author adalah Alumni dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Saat ini sedang menempuh pendidikan di sebuah Perguruan Tinggi dalam bidang Teknik Informatika.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment