Tips Berbisnis Dengan Toko Online

Toko Online saat ini semakin banyak dan beraneka macam. Ada yang menjual pakaian, makanan dan produk – produk lainnya. Semakin banyaknya jumlah tentunya akan berakibat pada semakin ketatnya persaingan. Lantas Bagaimanakah caranya, tips-nya agar kita dapat memperoleh pelanggan dan pembeli melalui Toko Online? Yang paling dasar adalah menjaga kualitas produk dan kualitas pelayanan. Kemudian ada beberapa tips yang bisa anda lakukan, yaitu sebagai berikut :
1.      Buatlah Sistem Belanja yang mudah
Berdasarkan salah satu pemilik toko online di Indonesia. Semua orang lebih senang berbelanja yang tidak mudah. Dalam artian, tidak terlalu banyak melakukan klik sana – sini dalam proses pemesanan produk. Ia mencontohkan sistem situs toko online yang ribet adalah yang menggunakan ‘add to chart’ dan harus mendaftarkan alamat email terlebih dahulu kemudian memasukan nomor kartu kredit. Cara seperti itu malahan bisa membuat calon pembeli curiga.
Sistem belanja yang mudah contohnya adalah cukup menyertakan nomor handphone dan alamat saja. Dan lebih baik lagi jika kita bisa berkomunikasi langsung kepada pembeli agar pembeli lebih yakin dan senang.
2. Gunakan Foto Berkualitas
Foto dari produk dari segala sisi dengan kualitas yang baik sangatlah disukai pelanggan. Karena pelanggan akan lebih mudah dan lebih detail dalam melihat penampilan produk. Disarankan sebaiknya gunakan kamera DSLR agar mendapatkan kualitas yang maksimal, namun jika tidak tersedia maka bisa memakai kamera poket atau kamera lain yang kualitas gambarnya bagus.
 3. Pelayanan yang Cepat dan Tanggap
Dalam melayani pembeli salah satu factor yang menentukan kualitas pelayanan adalah kecepatan. Jangan biarkan pembeli anda menunggu balasan pesan singkat anda (SMS) misalnya. Cara untuk mengatasi ini adalah menempatkan costumer service jika anda tak mampu mengurusnya sendiri.
4. Bekerja Bersama - Sama
Salah satu fakto yang membuat penjualan meningkat pesat adalah adanya reseller. Reseller adalah pihak – pihak yang menjual kembali produk anda kepada orang lain. Jadi aanda perlu member diskon khusu kepada para reseller yang akan dijakina selisih untuk keuntungan mereka.
Buatlah halaman yang berisi pertanjian dengan reseller. Tentukan komisi, diskon serta keuntungan lain kepada mereka berdasarkan jumlah penjualan dan jumlah barang tertentu. Selanjutnya adalah membina hubungan baik dengan para reseller. Jangan pernah mengecewakan mereka. Perlakukanlah mereka sebagai rekan bisnis.
5. Miliki Pengetahuan Tentang Internet
Karena Toko Online adalah toko yang letaknya di internet maka anda harus mengetahui tentang internet itu. Dalam hal ini anda seharusnya tahu dimana biasanya para calon pembeli nongkrong. Apakah di Sosmed, Forum dan lain sebagainya, juga bagaimana agar Toko OnlineAnda mudah ditemukan melalui mesin pencari seperti Google, Yahoo! atau yang lainnya. Dengan begitu penjualan akan lebih maksimal. Cara agar dapat ditemukan dengan mudah di mesin mencari adalah dengan menerapkan ilmu SEO (Search Engine Optimization).

Demikianlah tips yang dapat saya bagi saat ini. Semoga bermanfaat.


Source             : http://www.asritadda.com/online-business/tips-sukses-berbisnis-toko-online.htm
Share on Google Plus

About Author

Author adalah Alumni dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Saat ini sedang menempuh pendidikan di sebuah Perguruan Tinggi dalam bidang Teknik Informatika.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. Terima kasih sharingnya mas , kemaren saya baru saja buat toko online di jejualan.com , mohon bimbingannnya ya mas..

    ReplyDelete