Peluang Bisnis Dalam Bidang IT


Dewasa ini teknologi informasi telah berkembang sangat jauh. Teknologi informasi ini sangat membantu pekerjaan banyak orang, karena pekerjaan dapat diambil alih oleh salah satu produk teknologi informasi yaitu komputer. Oleh karena itu dunia IT kemudian dapat menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan. Namun sebelum mencoba terjun dalam bidang usaha dunia IT maka harus mengerti dulu beberapa hal tentang IT. Selanjutnya tinggal menggunakan kreatifitas kita untuk mencoba membuka usaha dalam dunia IT tersebut. Kira – kira apa sajakah peluang dalam dunia IT  itu. Berikut ini adalah beberapa yang dapat anda coba.

1.      E-commerce
E-commerce adalah perdagangan dengan cara online. Biasanya adalah perdagangan melalui website yang menjual produk. Perdagangan melalui online sekarang ini sudah berkembang cukup pesat seiring semakin banyaknya website E-Commerce itu sendiri. Biasanya toko – toko besar sekarang ini sudah memiliki Website E-Commerce.

Namanya juga perdagangan online, maka jika ingin menggeluti bisnis ini anda harus membuat terobosan baru dan pintar – pintar menarik pembeli. Bisa dilakakukan salah satunya dengan menjual barang yang unik atau antik yang tidak dijual di tempat lain. Cara lainnya yaitu memberikan kemudahan kepada pembeli anda agar mereka senang dan segan untuk berbelanja pada anda. Dan akan lebih baik lagi jika di sediakan system pembayaran dan pemesanan yang mudah. Agar para pembeli semakin nyaman dan mudah dalam berbelanja di tempat anda.

2.      E-Voucher
E-Voucher adalah penjualan voucher secara online, baik voucher pulsa sampai dengan voucher belanja. Jika ingin membuka bisnis ini maka anda harus bekerja sama dengan pusat perbelanjaan, restoran / rumah makan dan operator seluler. Dengan adanya E-Voucher ini dapat memudahkan orang dalam melakukan pembayaran secara cepat tanpa harus mengeluarkan uang tunai. Dan karena cukup banyak yang kini membutuhkan E-voucher ini, maka jika anda berhasil anda dapat mendapat banyak keuntungan.


3.      E-ticketting
E-Ticketting adalah penjualan tiket secara online. Mulai dari tiker pesawat, kereta sampai kapal dapat dijual dengan ini. Membuka bisnis E-Tiketting ini membutuhkan koneksi internet yang bagus, karena biasanya kita harus rajin update “kondisi” tiket pada saat tertentu. Anda juga harus bekerja sama dengan beberapa pemilih PO. Semakin banyaknya kerjasama yang anda jalin maka semakin banyak pula kebutuhan tiket yang dapat anda dapat dan tawarkan kepada pembeli. Kelebihan dari E-Tiketting ini adalah sedikitnya modal dan biaya operasional yang harus dikeluarkan. Karena pemesanan tiket dapat dilakukan secara online.

4.      IT solution
IT solution adalah bisnis yang bergerak dalam bidang jasa atau penjualanan produk IT. IT solution memiliki terdiri dari berbagai macam jenis. Contohnya adalah usaha pemasangan CCTV, sistem keamanan dan Software House. Jika anda dapat menjalankannya maka keuntungan yang didapat bisa cukup besar mengingat saat ini sangat banyak orang yang mebutuhkan hasil jasa atau produknya. Namun tentu saja jika hendak menekuni bidang ini anda harus memilik pengetahuan dan pengalaman lebih dalam bidang IT.

Itulah beberapa peluang usaha yang bisa anda coba dalam duni IT. Jika anda mahir dalam dunia IT, maka tentunya anda akan sangat diuntungkan. Sekian dari saya, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkenan membaca.

Referensi : http://idebisnisterbaru.com/ide-bisnis-modern-seputar-dunia-4-peluang-usaha.html
Image Source : https://www.maxmanroe.com/wp-content/uploads/2013/04/peluang-bisnis-online.jpg
Share on Google Plus

About Author

Author adalah Alumni dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Saat ini sedang menempuh pendidikan di sebuah Perguruan Tinggi dalam bidang Teknik Informatika.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment