Mengatasi, Memperbaiki Hard Disk Bad Sector

Bad Sector merupakan salah satu kerusakan yang dapat terjadi pada Hard Disk.  Bad Sector adalah situasi ketika bagian pada piringan atau plater harddisk tidak bisa terbaca datanya oleh head. Bisa karena piringan tersebut memang sudah rusak karena tergores head atau sebab lainnya.

Sebelum melakukan vonis bahwa hard disk mengalami atau terdapat bad sector, perlu dilakukan pengecekan terlebih dahulu. Pengecekan biasanya dilakukan untuk mengetahui apakah data pada hard disk dapat dibaca atau tidak yang secara tidak langsung mengecek keadaan permukaan plater.

Untuk mengetahui kondisi dari permukaan hard disk apakah masih baik atau kurang baik dan terdapat bad sector, solusinya dapat menggunakan fitur surface scan pada software Disk Management seperti Partition Wizard, EASUS Partition Manager, Paragon Partition Manager dan lain – lain. Biasanya permukaan yang baik dan tidak bad sector ditunjukan dengan warna hijau dan jika bad sector atau terjadi error dalam pembacaannya akan ditunjukan dengan warna merah.


Menu Surface Scan yang terdapat pada Context Menu Yang Muncul.

Surface scan sedang dilakukan dan belum ada bad sector yang ditemukan.

Solusi lain untuk mengecek permukaan dapat menggunakan software HD Tune. Selain bisa untuk mengetahui bad sector hard disk, HD Tune juga dapat mengetahui informasi lain seperti benchmark dan informasi kesehatan Hard Disk.
  
Software HD Tune sudah ada pada CD Hiren Boot’s CD pada menu System Information.

Menu HD Tune pada menu Hiren’s Boot CD.


Cara menggunakan HD Tune :

1. Pilih Hard Disk
2. Pada Tab Error Scan, klik Start dan tunggu proses scanning
  
Hasil Surface Scan yang menunjukan terdapat 2 bad sector pada hard disk.

Setelah mengetahui hard disk bad sector langkah selanjutnya adalah melakukan perbaikan. menggunakan Software HDD Regenerator. HDD Regenerator nantinya akan melakukan scanning sekaligus perbaikan bad sector (jika memilih mode untuk scan sekaligus memperbaikinya).

Tidak akan ada data yang terhapus setelah proses perbaikan dengan software ini. Software ini juga terdapat pada Hiren’s Boot CD dan biasanya dijalankan dalam mode text atau DOS untuk hasil yang maksimal. HDD Regenator dapat memperbaiki Bad Sector pada hampir semua tipe file sistem bahkan disk yang tidak dipartisi.

Cara menggunakan HDD Regenator :
   
1. Jalankan HDD Regenerator dalam mode Text / DOS
2. Pilih Hard Disk yang hendak dilakukan perbaikan     
           
 Tampilan awal dari Software HDD Regenator pada mode DOS yang digunakan untuk memilih hard disk yang akan dilakukan perbaikan.

3. Memilih Normasl Scan sebagai action yang akan dilakukan.



Tampilan kedua yang berisi action  yang akan diakukan.

4. Memilih Scan and repair untuk melakukan scanning sekaliguss perbaikan bad sector.



Tampilan ketiga yang berisi action  yang akan diakukan.

5. Menunggu scanning dan perbaikan bad sector jika ada, proses ini biasanya sangat lama tergantung kapasitas hard disk dan jumlah bad sector.

Tampilan ketika scanning dan perbaikan sedang berjalan.

Namun jika HDD Regenerator tidak dapat memperbaikinya masih ada yang bisa dilakukan untuk memperbaiknya yaitu melakukan LOW LEVEL FORMAT. Cara ini akan menghapus semua data dan partisi yang ada pada hard disk.  LOW LEVEL FORMAT dapat dilakukan dengan Hard Disk Low Level Format Tool.

Cara menggunakan Hard Disk Low Level Format Tool :

  1. Booting mengunakan live CD dengan OS Windows atau pasang hard disk yang bad sector pada komputer lain dan booting dengan hard disk utama computer tersebut.
  2. Jalankan  Software Hard Disk Low Level Format.
  3.  Pilih Hard Disk yang Bad Sector lalu Continue.


  4. Pada Tab LOW-LEVEL FORMAT klik FORMAT THIS DEVICE untuk melakukan Low Level Format.


  5. Jika ada Pop Up muncul untuk konfirmasi, klik Yes.


  6. Menunggu proses selesai dan kemudian melakukan restart.


  7. Setelah direstart maka harddisk bisa dipartisi ulang dan digunakan kembali.

Jadi Hard Disk Bad Sector dapat diperbaiki dengan beberapa cara diatas, menggunakan fitur surface scan dari software Disk Management atau software HD Tune untuk mengecek bad sector. Kemudian diperbaiki dengan menggunakan software HDD Regenerator atau Hard Disk Low Level Format.

Namun, dengan semua itu masih belum bisa dijamin 100% bahwa setiap hard disk yang bad sector dapat sembuh. Selain itu sebuah hard disk yang sudah pernah mengalami bad sector beresiko mengalami bad sector lagi. Tidak bisa terbacanya data bisa diakibatkan bukan hanya oleh rusaknya atau tidak normalnya platter, bisa juga komponen head pembaca yang rusak dan solusinya mungkin adalah mengganti komponen tersebut.


  Cukup sekian dan semoga bermanfaat
Share on Google Plus

About Author

Author adalah Alumni dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Saat ini sedang menempuh pendidikan di sebuah Perguruan Tinggi dalam bidang Teknik Informatika.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

13 comments:

  1. terima kasih om udah mau share...
    beginilah indahnya berbagi :)

    ReplyDelete
  2. Trims gan infonya dah membantu sy, sukses slalu. ditunggu kunjungan baliknya...

    ReplyDelete
  3. gan punya softwere HDD generator gk ? klo ada boleh dong share ke saya. tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. HDD Generator ato Regenerator?
      kalo HDD Regenerator ada,....nih

      http://www.mediafire.com/download/kag9agyknabffwa/HDReg1.7.rar

      Delete
  4. Maaf ,1 TB ... berapa lama ya gan

    ReplyDelete
  5. Maaf, saya belum pernah sampe ukuran Tera...jadi kurang tau

    ReplyDelete
  6. klo 640 gb berapa lama gan, trus setelah discan, semuanya merah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, saya paling jauh baru pernah sampai 320 GB dan itu sekitar 3 jam karena bad sector cuma sedikit. Kalau scan lama dan tiba - tiba selesai dan merah semua kemungkinan HDD nya fail. Tapi jika memang proses terlihat 'normal' dan merah semua berarti HDD nya sudah minta ganti karena mungkin komponennya ada yang sudah tidak bagus. Jikapun dapat di 'sehat-kan' sebaiknya segera back-up data - datanya.

      Delete
  7. keren gan tutorialnya saya suka... di tunggu versi terbarunya

    ReplyDelete
  8. Saya langsung pilih low level format, tidak memilih Hdd regenerator berharap tidak dua kali kerja, tapi saya sudah pastikan tidak ada data di hhd...

    ReplyDelete