Tentang Kabel Twisted Pair tipe UTP / Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)


Kabel UTP merupakan salah satu kabel yang digunakan untuk media transmisi yang banyak digunakan untuk membuat sebuah jaringan local (Local Area Network), karena harganya murah dan mudah dipasang. UTP merupakan singkatan dari Unshielded Twisted Pair yang artinya kabel pasangan berpilin atau twisted pair tanpa pelindung atau unshielded. Fungsi pilinan ini adalah untuk mengeliminasi induksi dan kebocoran.

Macam Macam Kabel UTP

Terdapat beberapa jenis kategori kabel UTP ini yang menunjukkan kualitas, jumlah kerapatan lilitannya dan lain – lain. Ssemakin tinggi kategorinya semakin rapat lilitannya dan lainnya. Beberapa jenis kabel UTP adalah sebagai berikut :

  1. Kabel UTP Category 1
Digunakan untuk telepon dan mentransmisikan data dengan kecepatan rendah, sehingga tidak cocok untuk mentransmisikan data.

  1. Kabel UTP Category 2
Mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai dengan 4 Mbps.

  1. Kabel UTP Category 3
Digunakan pada 10BaseT network, mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai 1Mbps. 10BaseT kependekan dari 10 Mbps, Baseband, Twisted pair.



  1. Kabel UTP Category 4
Sering digunakan pada topologi token ring dan mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai 16 Mbps

  1. Kabel UTP Category 5
Mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai 100 Mbps, 

  1. Kabel UTP Category 5e 
Mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai 1000 Mbps (1Gbps), frekwensi signal yang dapat dilewatkan sampai 100 MHz.

  1. Kabel UTP Category 6
Mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai 1000 Mbps (1Gbps), frekwensi signal yang dapat dilewatkan sampai 200 MHz. Secara fisik terdapat separator yg terbuat dari plastik yang berfungsi memisahkan keempat pair di dalam kabel tersebut.

  1. Kabel UTP Category 7 gigabit Ethernet (1Gbps), frekwensi signal 400 MHz

Untuk susunan pemasangan kabel UTP, ada dua jenis yang umum digunakan yaitu Straight Through Cable dan Cross Over Cable.


Susunan Kabel UTP :

1.    Kabel Straight

Kabel straight merupakan kabel yang memiliki cara pemasangan atau penyusunan yang sama antara ujung satu  dengan ujung yang lainnya. Kabel straight digunakan untuk menghubungkan 2 device yang berbeda. Susunan kabel straight ada 2 macam atau standar, yaitu TIA/EIA 568A dan TIA/EIA 568B.

Berikut adalah gambar susunan kabel Straight :



2.    Kabel Cross Over

Kabel cross over merupakan kabel yang memiliki cara pemasangan atau penyusunan yang berbeda antara ujung satu dengan ujung lainnya. Kabel cross over  digunakan untuk menghubungkan 2 device yang sama. Susunan kabel cross ada 2 macam atau standar, yaitu TIA/EIA 568A dan TIA/EIA 568B.

Berikut adalah gambar susunan kabel Cross :


Kesimpulan :

Kabel straight  dibuat dengan kedua konektor  yang diberi kabel dengan susunan straight, sedangkan kabel cross dibuat dengan salah satu konektor diberi kabel dengan susunan straight dan konektor lainnya diberi kabel dengan susunan cross.


Sekian dan terima kasih
Sumber : 

http://www.catatanteknisi.com/2011/02/urutan-kabel-utp-straight-crossover.html


Share on Google Plus

About Author

Author adalah Alumni dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Saat ini sedang menempuh pendidikan di sebuah Perguruan Tinggi dalam bidang Teknik Informatika.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment