Simpan Halaman Web Sebagai PDF

Berbagai hal dapat ditemukan di Internet. Salah satunya adalah referensi atau bahan bacaan yang bisa didapat dari blog atau website. Namun terkadang kita tak punya cukup waktu untuk membaca semua tulisan yang ada pada saat itu juga. Dan kita sering menyimpan halaman web tadi untuk kita buka di rumah atau di tempat lain dimana kita bisa membacanya kembali.

Namun ketika ada file dari halaman web yang hilang maka halaman web bisa rusak. Dan selain itu halaman web seperti itu juga berdasarkan pengalaman saya rentan terhadap virus (disusupi skrip virus). Nah, cara yang mudah dan aman untuk menyimpan halaman web tadi salah satunya adalah dengan menjadikannya file PDF atau Portable Document Format. Kali ini saya akan memberitahu sedikit tentang cara melakukannya dengan bantuan software Winnovative Free HTML to PDF Converter. Klik pada "Download Free HTML to PDF Desktop Application" di halaman download : http://www.winnovative-software.com/free-html-to-pdf-converter/

Langkah - langkahnya :

Pertama kita ekstrak dulu ke sebuah folder. Di sini saya meletakannya di folder "C:\Program Files\WnvFreeHTMLToPdf".


Selanjutnya jalankan software dengan double klik (jika windows 7 keatas sebaiknya klik kanan -> Run as administrator).


Selanjutnya tulis atau masukan alamat lengkap dari halaman web yang akan dijadikan file PDF. Setelah itu lakukan klik pada "More Converter Settings >>" dan lakukan pengaturan seperti contoh di bawah.



Kemudian klik "Convert" dan tunggu sampai muncul seperti pada gambar dibawah.


Klik "No" kemudian cari file hasil Convert tadi di tempat program ini berada. Halaman yang telah dijadikan file PDF mempunyai nama "RenderedPage.pdf". Ubah nama file tersebut sesuai judul halaman web atau sesuai keingginan anda dan coba buka file tersebut dengan aplikasi PDF Reader untuk mengecek.



Hasil :

Halaman Web



File PDF 


O, iya jika ingin menjadikan file PDF dari halaman web yang sudah disimpan juga bisa, tinggal isi alamat halaman web dengan lokasi file dan lakukan langkah yang sama. Sekian, semoga bermanfaat dan semoga berhasil.

Share on Google Plus

About Author

Author adalah Alumni dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Saat ini sedang menempuh pendidikan di sebuah Perguruan Tinggi dalam bidang Teknik Informatika.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment