Komponen - Komponen Utama Pada PC




Tentang Komputer Pribadi atau Personal Computer(PC)

Komputer pribadi (PC) pada dasarnya adalah gabungan dari beberapa perangkat keras yang dirakit menjadi satu kesatuan. Semua perangkat keras yang digunakan untuk membentuk sebuah komputer pribadi (PC) itulah yang disebut Komponen PC.

Perangkat keras yang harus ada untuk membangun sebuah PC adalah Motherboard, Prosesor, Memori RAM, VGA, Harddisk, Casing & Power Supply, Input Device dan Output Device.

Komponen - Komponen Utama Pada PC :

Motherboard

Motherboard adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai wadah/tempat untuk menghubungkan berbagai perangkat keras menjadi satu kesatuan sehingga dapat disebut sebagai PC.



 Prosesor

   Prosesor adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai mesin utama untuk memproses semua pekerjaan yang dilakukan oleh PC.


      Memory RAM

    Fungsi utama RAM atau yang dikenal dengan sebutan Memori adalah tempat menyimpan data yang sedang diproses oleh PC untuk sementara.



     VGA

    VGA atau yang istilah resminya Graphics Card adalah perangkat keras yang berguna untuk memproses semua kegiatan yang berhubungan dengan tampilan (display).

     Harddisk

     Harddisk adalah perangkat keras yang berguna untuk menyimpan data-data secara permanen.

6    Casing

Casing adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai tempat menyimpan perangkat keras lainnya. 

Power Supply

Power Supply adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan. Input power supply berupa arus bolak-balik (AC) sehingga power supply harus mengubah tegangan AC menjadi DC (arus searah), karena hardware komputer hanya dapat beroperasi dengan arus DC. 



     Monitor

   Monitor adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menampilkan gambar/tampilan yang dihasilkan oleh PC.


     Input Device

      Input Device adalah perangkat keras yang digunakan untuk memberi input kepada PC. Contoh dari Input Device adalah keyboard dan mouse.

Sumber :

Dari Berbagai Sumber

Share on Google Plus

About Author

Author adalah Alumni dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Saat ini sedang menempuh pendidikan di sebuah Perguruan Tinggi dalam bidang Teknik Informatika.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment